Iklan

terkini

Tampung Keluhan Warga Pj Bupati Bireuen Inspeksi Mendadak Ke Pusat Kuliner Rek Kota Juang

Redaksi
Kamis, Oktober 17, 2024, 19:58 WIB Last Updated 2024-10-17T12:59:06Z
Pj Bupati Bireuen Jalaluddin, SH., MM, Didampingi Asisten II Dailami, S.Hut Dan Sejumlah Dinas Terkait Melakukan Inspeksi Kawasan Rek Kota Juang (16/10/2024)/(Foto/Muliyadi)

Bireuen - Penjabat Bupati (Pj Bupati Bireuen), Jalaluddin, SH., MM, didampingi Asisten II Dailami, S.Hut dan sejumlah dinas terkait diantaranya Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Satpol-PP Dan WH, Disperindagkop Dan UKM, Dinas Kebersihan, Bagian Hukum dan Bagian Pemerintahan Setdakab serta Camat setempat, melakukan inspeksi mendadak ke kawasan pusat jajanan kuliner Rek Kota Juang Bireuen Rabu Sore, (16/10/2024). 

Dalam wawancaranya, Pj Bupati menyampaikan bahwa inspeksi mendadak (quick respon) ini karena adanya keluhan masyarakat mengenai lingkungan yang kotor serta menimbulkan bau tidak sedap, "Beberapa waktu lalu, kami menerima laporan bahwa kebersihan diarea ini sangat buruk, bahkan sudah menimbulkan bau yang mengganggu warga sekitar".

Selain masalah kebersihan, kemacetan disepanjang Jalan Langgar Squer (Kawasan Rek) yang menghubungkan beberapa jalur utama menuju jalan elak kearah Peusangan dan sebaliknya juga menjadi sorotan. "Jalan ini seharusnya menjadi penghubung penting, namun kenyataannya macet akibat parkir yang tidak sesuai pada tempatnya dan ramainya pedagang yang berjualan tidak sesuai dengan zona yang telah ditentukan." Tambah Pj Bupati

Selanjutnya dalam upayanya menata ulang kawasan tersebut, Pj Bupati menekankan kepada jajarannya agar melakukan pendekatan humanis dalam pelaksanaan penertiban pedagang.

"Penertiban akan dilakukan dengan cara yang manusiawi, Kita ingin menjaga keseimbangan antara kebutuhan UMKM untuk tetap hidup dan kenyamanan masyarakat dalam hal kebersihan dan kelancaran lalu lintas, pedagang tetap bisa berjualan, tetapi harus bisa menjaga kebersihan, tertib dan tidak menyebabkan kemacetan," tambah Pj Bupati.

Lebih lanjut, Pj Bupati juga menegaskan akan melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait penggunaan lahan milik KAI yang ditempati oleh para pedagang. "Kami berencana duduk bersama pihak KAI untuk membahas penggunaan lahan ini. Tujuannya adalah menemukan solusi yang menguntungkan semua pihak, baik pemerintah, pedagang, maupun masyarakat".

Pj Bupati juga menyatakan bahwa pihaknya akan memeriksa kembali sistem retribusi yang berlaku di kawasan tersebut, untuk memastikan semua berjalan sesuai aturan. "Kami akan mengecek retribusi yang berlaku, agar tidak ada hal-hal yang menyimpang dan semuanya harus transparan," tegasnya.

Inspeksi ini merupakan langkah awal pemerintah Kabupaten Bireuen dalam menata kebersihan, keteraturan, dan ketertiban dikawasan kota, "Diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya melalui sektor UMKM". Harap Pj Bupati.
[Muliyadi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tampung Keluhan Warga Pj Bupati Bireuen Inspeksi Mendadak Ke Pusat Kuliner Rek Kota Juang

Terkini

Topik Populer

Iklan