Iklan

terkini

PNL Kembali Lahirkan Profesor, Indra Mawardi: Guru Besar di Bidang Rekayasa Material Komposit

Redaksi
Selasa, Oktober 22, 2024, 11:22 WIB Last Updated 2024-10-22T04:22:22Z
Prof. Dr. Ir. Indra Mawardi, ST. MT. (Foto/Ist)

Lhokseumawe – Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) semakin berbangga dengan hadirnya Prof. Dr. Ir. Indra Mawardi, ST. MT sebagai Guru Besar di bidang Rekayasa Material Komposit. Terhitung sejak 1 September 2024, melalui SK Mendikbudristek Nomor 95338/M/07/2024, Prof. Indra Mawardi resmi menyandang gelar Guru Besar kedua PNL setelah sebelumnya Prof. Dr. Rihayat, ST.,MT menjadi profesor pertama di PNL.

Raihan gelar guru besar oleh Indra Mawardi menjadi salah satu pilar penting dalam pengembangan ilmu dan inovasi di bidang teknik material.

Lahir di Indrapuri, Aceh Besar pada 2 Desember 1972, Prof. Indra meniti karier akademisnya dengan penuh dedikasi. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Indrapuri, ia menamatkan pendidikan STM di Banda Aceh pada tahun 1991. 

Selanjutnya, ia meraih gelar Sarjana Teknik Mesin dari Universitas Syiah Kuala pada tahun 1997. Kecintaannya pada dunia ilmu pengetahuan membawanya melanjutkan studi ke tingkat Magister Teknik di Universitas Sumatera Utara, yang diselesaikannya pada tahun 2005. 

Pada tahun 2022, ia meraih gelar doktor dari Universitas Syiah Kuala dalam bidang Ilmu Teknik dengan predikat summa cum laude dan IPK 4.0, menyelesaikan program doktoral hanya dalam 6 semester.

Sejak tahun 2002, Prof. Indra mulai mendalami penelitian di bidang Material Struktur, khususnya Polimer dan Komposit. Karya-karyanya telah dipublikasikan dalam hampir 100 jurnal nasional dan internasional. Ia juga berhasil memperoleh 6 Hak Kekayaan Intelektual, termasuk paten dan hak cipta atas inovasi-inovasinya. 

Selain itu, Prof. Indra telah menulis beberapa buku penting, seperti Perencanaan Cetakan Injeksi Plastik, Proses Manufaktur Plastik dan Komposit, serta Mekatronika dalam Industri Manufaktur, yang menjadi referensi bagi praktisi dan akademisi di bidangnya.

Sebagai seorang peneliti dan akademisi, Prof. Indra aktif berperan sebagai editor dan reviewer di berbagai jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional. Selain itu, ia juga dipercaya sebagai reviewer penelitian tingkat nasional dan asesor LAM Teknik. 

Dalam kehidupan pribadi, Prof. Indra adalah suami dari Laila Afrida dan ayah dari Haikal Najwan dan Muhammad Raiyan.

Komitmen dan dedikasi Prof. Indra dalam memajukan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang Rekayasa Material Komposit, telah membawa dampak signifikan bagi dunia akademik dan industri. Kepakarannya yang diakui secara nasional dan internasional menjadikan PNL sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang unggul dan berdaya saing di Indonesia.

Dengan pencapaian ini, Prof. IIndra Mawardi, tidak hanya menjadi inspirasi bagi rekan-rekan sejawat, tetapi juga teladan bagi generasi muda yang ingin berkontribusi dalam inovasi teknologi berbasis material komposit dan teknik mesin. Selamat Prof. Indra Mawardi! [Muhammad Hatta]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PNL Kembali Lahirkan Profesor, Indra Mawardi: Guru Besar di Bidang Rekayasa Material Komposit

Terkini

Topik Populer

Iklan