Iklan

terkini

Perkuat Kerja Sama Internasional PNL Jalin Hubungan dengan Salah Satu Universitas China

Redaksi
Jumat, Oktober 18, 2024, 10:07 WIB Last Updated 2024-10-18T03:07:47Z
Direktur PNL, Ir. Rizal Syahyadi, ST., M.Eng.Sc., IPM., ASEAN Eng., APEC Eng. (Foto/Ist)

Lhokseumawe - Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) terus memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi melalui kemitraan internasional yang strategis. 

Salah satu langkah nyata untuk mewujudkan visi Mandiri, Unggul, dan Berdaya Saing Global adalah diskusi kolaboratif yang diadakan secara daring dengan Universitas Chong Qing Water Resources and Electric Engineering College, China, pada Rabu (16/10/2024) lalu.

Pertemuan penting ini dihadiri oleh pimpinan kedua institusi, termasuk Principal Song Jun, Vice Principal Zhang Shouping, Head of International Cooperation and Exchange Center Xu Jiyi, serta Head of International Education Dept Zhuo Chunying dari pihak Universitas Chong Qing. 

Dari pihak PNL, Direktur PNL, Ir. Rizal Syahyadi, ST., M.Eng.Sc., IPM., ASEAN Eng., APEC Eng., menegaskan bahwa kerjasama lintas negara merupakan elemen krusial untuk memperkuat daya saing lulusan PNL di kancah global.

"PNL terus menjalin kerjasama internasional strategis guna meningkatkan kualitas lulusan yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga siap bersaing di pasar global. Saat ini, PNL juga tengah mempersiapkan kemitraan dengan sejumlah perguruan tinggi terkemuka dari Prancis," ungkap Rizal Syahyadi dalam sambutannya.

Diskusi intens yang berlangsung selama dua jam tersebut juga menyoroti potensi kerjasama dalam bidang teknologi konstruksi dan manajemen sumber daya air. Dr. Edi Majuar, S.T., M.Eng.Sc., Kepala Pusat P4M, memaparkan profil Program Studi D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Air PNL, yang diharapkan dapat menjadi fokus utama dalam kolaborasi ini.

Dr. Usman, S.T., M.Eng., Ph.D., Koordinator Kerjasama Internasional PNL, menekankan pentingnya kolaborasi ini dalam meningkatkan mutu pendidikan vokasi di PNL. 

"Kemitraan ini akan memberikan nilai tambah dalam pengajaran dan riset dosen, serta membuka kesempatan bagi mahasiswa PNL untuk memperoleh pengalaman internasional. Ini adalah bagian dari strategi PNL untuk terus mengokohkan posisinya sebagai lembaga pendidikan vokasi yang unggul dan global," paparnya.

Selain Direktur PNL, diskusi ini juga dihadiri oleh Muhammad Arifai, S.E., M.Acc., Ak., CPTT. CIFRS., Wakil Direktur Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi; Syukri, S.T., M.T., Ketua Jurusan Teknik Sipil; Mulizar, S.T., M.T., Sekretaris Jurusan Teknik Sipil; Amir Fauzi, S.T., M.Sc., Ph.D., Kepala Pusat P3M; serta Ir. Muhammad Hatta, SST. MT. CPS. CPPS. CMPA. CCLS. CTRS. CCHS, Koordinator Humas dan Kerjasama.

Muhammad Arifai, mengatakan bahwa kerja sama ini tidak hanya memperkuat posisi PNL sebagai pemimpin pendidikan vokasi di Aceh, tetapi juga meningkatkan kontribusi PNL di tingkat nasional dan internasional. 

"Langkah ini merupakan bagian dari upaya nyata PNL dalam mewujudkan visinya sebagai institusi Mandiri, Unggul, dan Berdaya Saing Global, dengan lulusan yang siap berkompetisi di pasar kerja internasional," tambahnya.

Rifai melanjutkan, rencananya penandatanganan MoU antara PNL dan Universitas Chong Qing akan dilaksanakan di Chong Qing College pada 7 hingga 9 November mendatang. MoU tersebut mencakup beberapa bidang penting seperti joint research, student mobility, pengembangan kurikulum, serta program Training of Trainers (ToT) bagi para dosen. Dengan adanya inisiatif ini, PNL semakin memperkokoh langkahnya menuju lembaga pendidikan vokasi berstandar internasional, siap mencetak lulusan berkualitas global. [Muhammad Hatta]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perkuat Kerja Sama Internasional PNL Jalin Hubungan dengan Salah Satu Universitas China

Terkini

Topik Populer

Iklan