Iklan

terkini

Pengunjung Festival HUT Ke-25 Kabupaten Bireuen Padati Stand Kecamatan Peusangan

Redaksi
Minggu, Oktober 13, 2024, 15:12 WIB Last Updated 2024-10-13T08:18:53Z
Pj Bupati Bireuen, Jalaluddin, S.H., M.M., bersama Istri dan didampingi oleh Kajari Bireuen Munawal Hadi, SH., MH, Sekda Kab. Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si didampingi Istri Mendengar Penjelasan Dari Camat Peusangan Teguh Mandiri Putra, S.STP di Stand Peusangan (Foto/Muliyadi)

Bireuen - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bireuen yang Ke-25 Pemerintah Kabupaten Bireuen mengelar kegiatan festival seni dan pameran kerajinan gampong bertempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Cot Gapu Kecamatan Kota Juang. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh PJ Bupati Bireuen Jalaluddin, SH., MM, Sabtu (12/10/2024) dengan memukul genderang rapai, setelah membuka acara PJ Bupati bersama Forkopimda Plus mengunjungi semua stand yang diawali dari stand Dekranasda dan diakhiri stand Kecamatan Kota Juang dan rencananya kegiatan tersebut berlangsung selama 2 malam sejak tanggal 12-13 Oktober 2024.

Selanjutnya pameran tersebut merupakan ajang bagi kecamatan-kecamatan dalam kabupaten Bireuen untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka, dari Stand-stand kecamatan yang ada, stand Kecamatan Peusangan menjadi salah satu yang paling ramai dikunjungi pengunjung.

Kecamatan Peusangan menampilkan beragam produk khas, seperti minuman tradisional berupa jamu dan kerajinan tangan buatan warga desa setempat. Camat Peusangan, Teguh Mandiri Putra, S.STP, menjelaskan bahwa produk-produk ini merupakan hasil dari pengembangan potensi lokal yang telah lama ada dikecamatan tersebut.

“Kami membawa minuman tradisional seperti jamu dan berbagai kerajinan tangan dari kampung-kampung dalam kecamatan Peusangan, ini adalah upaya kami untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan kearifan lokal Peusangan kepada masyarakat yang lebih luas,” ungkap Teguh.

Selanjutnya Teguh menyampaikan bahwa pameran ini juga menjadi kesempatan untuk memfasilitasi para perajin lokal agar semakin dikenal. “Kecamatan Peusangan mendukung penuh para pengrajin melalui pameran ini, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan mengenal lebih jauh produk-produk yang menjadi identitas daerah kami,” jelasnya.

Pameran ini mendapat dukungan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop), yang memainkan peran penting dalam memperkenalkan produk kerajinan lokal kepasar yang lebih luas. “Kerja sama ini sangat penting agar produk-produk yang ada di Peusangan semakin dikenal dan terus berkembang,” kata Teguh.

Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Jalaluddin, S.H., M.M., bersama Istri dan didampingi oleh Kajari Bireuen Munawal Hadi, SH., MH, Sekda Kab. Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si didampingi Istri turut mengunjungi Stand Kecamatan Peusangan dan Berakhir di Stand Kecamatan Kota Juang. 

Seluruh masyarakat yang hadir terlihat begitu antusias mengunjungi dan dan bahkan ada yang membeli produk-produk yang dipamerkan dan festival ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat untuk lebih mengenal produk lokal sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif ditingkat desa. [Muliyadi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengunjung Festival HUT Ke-25 Kabupaten Bireuen Padati Stand Kecamatan Peusangan

Terkini

Topik Populer

Iklan