Iklan

terkini

Melalui Program Kemitraan Masyarakat Dosen PNL Kembangkan Usaha Getuk Lindri di Mon Geudong

Redaksi
Selasa, Oktober 08, 2024, 13:38 WIB Last Updated 2024-10-08T06:38:11Z
Lhokseumawe - Melalui Program Kemitraan Masyarakat pendanaan dari Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (APTV) Batch III Kemendikbud Ristek tahun 2024, sejumlah dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) kembangkan kegiatan produktivitas usaha getuk lindri di Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti Lhokseumawe.

Informasi ini disampaikan Ketua Pelaksana Dasmi Husin, SE.MSi. Ak, CA pada media ini pada Selasa, (08/10/2024).

Menurut Dasmi yang merupakan dosen Jurusan Bisnis PNL ini, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa aktif dari PNL. Dasmi mengatakan pihaknya berinisiatif mengembangkan mitra UMKM ini karena mereka mengaku kesulitan terkait produksi.

"Sebelumnya mitra UMKM yang dibina ini mengaku kesulitan produksi ketika lonjakan permintaan meningkat. Dalam sehari mitra mampu mengukus ubi 40 kg per hari, namun pada hari hari tertentu permintaan meningkat menjadi 60 kg per hari," ungkas Dasmi.

"Kendalanya terutama pada peralatan kukus yg kecil dan mesin giling ubi yang sudah rusak. Belum lagi kendala dalam pemasaran. Meskipun omset penjualan usaha ini tergolong tinggi, namun sebenarnya pola penjualan masih tradisional," lanjut Dasmi.

Dasmi yang ditemui di lokasi usaha mengatakan, usaha getuk lindri di Mon geudong ini sangat potensial dikembangkan untuk dapat ditingkatkan ke level usahanya dari usaha mikro menjadi usaha kecil yang menjanjikan.

"Sangat potensial usaha ini untuk dikembangkan menjadi usaha yang menjanjikan," terang Dasmi.

Sementara itu pemilik usaha Zul Ikram melalui media ini menyampaikan sangat berterima kasih atas bantuan peralatan dan penguatan produktivitas usaha yang diberikan oleh dosen dari kampus PNL.

"Pendampingan dari dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe terasa sangat mengena dan langsung pada pokok permasalahan. Alat alat produksi yang diberikan sangat bermanfaat dan dapat kami gunakan semua," imbuh Zul Ikram. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Melalui Program Kemitraan Masyarakat Dosen PNL Kembangkan Usaha Getuk Lindri di Mon Geudong

Terkini

Topik Populer

Iklan