Iklan

terkini

Inovasi USK Sulap Biji Pepaya Jadi Produk Perawatan Rambut

Redaksi
Kamis, Oktober 10, 2024, 20:14 WIB Last Updated 2024-10-10T13:15:02Z
Foto Produk Pawpay Hair Mist Formulasinya Dirancang 3 in 1 Actions Dalam Kemasan (Foto/Sayed M. Husen) 

Banda Aceh - Selama ini biji buah pepaya dan kulit jeruk terbuang begitu saja dan tidak dimanfaatkan. Namun siapa sangka di tangan kelompok mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK), kedua bahan tersebut diolah menjadi produk bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Produk hasil olahan mereka ini diberi nama Pawpay Hair Mist. Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) ini, terdiri dari kolaborasi antar Program Studi Farmasi dan Manajemen di USK.

Tim ini diketuai Assyfa Febrina, dengan anggota Viola Puspa Sari, Nelvianda Raudatul Ullia, Cut Putri Liana Syafina Rabiula berasal dari Farmasi dan Muhammad Jauhar Fadhil dari Manajemen. Mereka dibimbing oleh apt. Nadia Isnaini, S.Farm, M.Sc.

“Pawpay Hair Mist ini formulasinya dirancang 3 in 1 actions. Dengan manfaat memberikan perawatan rambut, melindungi rambut dari kerusakan, dan membuat rambut menjadi wangi,” ujar Syfa di Banda Aceh, Kamis, (10/10/2024). 

Ia memaparkan, produk ini merupakan natural hair mist dengan perpaduan antara limbah biji pepaya dan ekstrak minyak atsiri kulit jeruk. Kedua bahan utama ini memiliki banyak manfaat.

Biji pepaya mengandung enzim papain yang membantu membersihkan kulit kepala dan mengurangi ketombe. Selain itu juga dapat mengatasi kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

Kulit jeruk mengandung senyawa asam sitrat sebesar 8,7 persen yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri atau bersifat sebagai antibakteri. Asam sitrat merupakan asam organik yang terkandung paling banyak di air perasan buah jeruk.

Kandungan asam sitrat membuat derajat keasaman (pH) air perasan buah jeruk menjadi asam. pH asam dapat mengakibatkan PH pada sel bakteri menurun sehingga dapat mengganggu aktivitas sel bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit kepala.

"Selain bermanfaat bagi kesehatan rambut, penggunaan bahan ini juga upaya mengurangi limbah yang ada di lingkungan sekitar," jelasnya.

Tim USK sudah merancang produk ini saat menjalani perkuliahan di semester tiga. Ide ini berawal dari kewajiban salah satu mata kuliah yang sedang mereka jalani.
Tim Mahasiswa USK Perancang Inovasi Produk Pawpay Hair Mist

Dari ide Pawpay Hair Mist ini, tim USK berhasil meraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Inovasi USK Sulap Biji Pepaya Jadi Produk Perawatan Rambut

Terkini

Topik Populer

Iklan