Iklan

terkini

Halus Satriawan Guru Besar Pertama Universitas Almuslim

Redaksi
Rabu, Oktober 02, 2024, 18:18 WIB Last Updated 2024-10-02T11:26:00Z

Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si. guru besar pertama Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen.(Foto/Ist)

Peusangan - Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si. ditetapkan sebagai guru besar pertama Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen.

Penetapan  guru besar untuk Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si berdasarkan  Sertifikat Uji Kompetensi Jabatan Akademik Dosen  diterbitkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,  Nomor: 01786/E4/DT.04.01/JAD/2024 dalan jabatan akademik dengan  guru besar bidang Ilmu Konservasi Tanah dan Air.

Berhasilnya dosen tetap Universitas Almuslim yang berkedudukan di Peusangan ini melahirkan seorang akademisi begelar  Professor / guru besar telah menorehkan sejarah baru dunia pendidikan di Aceh.

Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si merupakan pria kelahiran  Lombok  Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 11 Juni 1980 lalu.

Karier dosennya dimulai  di Universitas Almuslim sejak tahun 2008,  diawali saat pertama  Universitas Almuslim menerima lamarannya sebagai dosen yang didaftar melalui online pada saat penerimaan Dosen waktu itu.

Riwayat pendidikan Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si  menamatkan Sekolah Dasar Negeri Batujai Lombok (NTB) pada tahun 1991,  SMP tamat tahun 1994, kemudian STM jurusan sipil tamat tahun 1997, semuanya di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kemudian meraih Sarjana Pertanian pada Universitas Mataram tahun 2003, setelah itu hijrah ke pulau Jawa dan menyelesaikan Program Pascasarjana (S2) Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2007,  program Doktor (S3) diraih pada  Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si  juga pernah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar AMDAL Angkatan 81(NonDegree) di Universitas Sebelas Maret. 

Saat ini Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si menjabat sebagai Wakil Rektor   bidang Akademik  Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan. 

Selama mengabdi sebagai dosen di Universitas Almuslim,  Halus Satriawan pernah mendapatkan Juara I Dosen Berprestasi Bidang Saintek LLDIKTI XIII Wilayah Aceh tahun 2019.

Selain itu Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si  juga memiliki prestasi dengan penghargaan baik  tingkat wilayah maupun nasional.

Adapun sejumlah jabatan dan penghargaan yang diemban antara lain sebagai Reviewer Penelitian Bersertifikat (DRPM/Quantum) 2019,  Assesor BKD LLDIKTI,  Evaluator PKKM DIKTI 2021,  Evaluator Matching Fund Kedaireka dan merupakan  Dosen Academic Leader Bidang Saintek LLDIKTI Wilayah XIII.

Hampir tiap tahun  memenangkan sejumlah hibah, baik bidang penelitian maupun pengabdian masyarakat Kemendikbudristekdikti.

Rektor  Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Dr.Marwan,MPd mengucapkan rasa bangga atas keberhasilan salah seorang dosen tetap Universitas Almuslim meraih predikat tertinggi bidang akademik.

“ Prestasi ini merupakan suatu anugerah dan kebanggaan bagi seluruh sivitas akademika Universitas Almuslim dan masyarakat secara umum, ini merupakan sejarah baru bagi kampus yang berada di kampung” ucap Marwan terharu.
 
Capaian yang ditorehkan Prof.Halus Satriawan membuktikan bahwa proses akademik di Universitas Almuslim selama ini berjalan baik sesuai aturan dan peraturan  ditetapkan pemerintah, ujar Dr. Marwan,M.Pd.

Harapannya, capaian yang diraih Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si dapat memberikan pemicu semangat khususnya bagi sivitas akademika Universitas Almuslim untuk terus berbuat, mengabdi dan memberikan konstribusi bagi pengembangaan dan peningkatan kualitas pendidikan di provinsi Aceh.

Sementara itu  Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si  mengucapkan syukur dan terimakasih kepada semua pihak, hasil yang dicapai ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk keluarganya, terkhusus tentunya  seluruh kolega  sivitas akademika  Universitas Almuslim juga kepada seluruh unsur organ Yayasan Almuslim Peusangan yang selama ini terus membina dan membimbing kami, ungkap Halus Satriawan.

 " Pencapaian ini  merupakan  tanggung jawab besar yang harus saya emban,mohon doa dan dukungannya,  semoga capaian ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kualitas pendidikan, ungkap Prof Halus Satriawan.

Selamat Prof, semoga  sukses dan ilmunya bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.[Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Halus Satriawan Guru Besar Pertama Universitas Almuslim

Terkini

Topik Populer

Iklan