Iklan

terkini

Cegah Bahaya Narkoba, Unimal Sosialisasi Bahaya Napza di Lingkungan Kampus

Redaksi
Jumat, Oktober 11, 2024, 11:33 WIB Last Updated 2024-10-11T04:33:28Z
Sosialisasi bahaya narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (napza) di kampus Unimal. (Foto/Ist)

Lhokseumawe - Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) Universitas Malikussaleh (Unimal) melaksanakan sosialisasi bahaya narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (napza) kepada dosen, tendik dan mahasiswa di Aula Cut Meutia kampus Bukit Indah, pada Kamis, (10/10/2024) kemarin.

Wakil Rektor Unimal Bidang Kemahasiswaan Dr. Alfian, SHI., MA dalam sambutan mengatakan tidak bisa dipungkiri peredaran narkotika sudah menyasar lingkungan kampus sehingga perlu perhatian serius.

“Di Unimal mulai tahun 2024 sudah dibentuk Satgas P4GN yang terdiri dari dosen yang mewakili tujuh fakultas. Kita berharap satgas ini bekerja maksimal dalam mengawasi peredaran narkotika di lingkungan kampus,” katanya.

Menurutnya keberadaan Satgas P4GN merupakan bagian dari rencana aksi nasional yang telah dicanangkan pemerintah sehingga kampus wajib melakukan sosialisasi bahaya narkotika.  

Selanjutnya kegiatan sosialisasi turut menghadirkan pembicara Kepala BNN Kota Lhokseumawe AKBP Werdha Susetyo SE Kasat Resnarkoba Polres Lhokseumawe AKP Wijaya Yudistira Putra SH MH yang diwakili Bripka Saidul Chudri SH dan Ketua Satgas P4GN Unimal Mauludi SSos MSP.

Kepala BNN Kota Lhokseumawe, AKBP Werdha Susetyo SE, menyampaikan pencegahan narkotika dapat dimulai dari rumah dengan atensi dari kedua orang tua. Lingkungan keluarga menjadi faktor penting melawan narkotika.

“Saya meminta orang tua lebih cermat terutama saat anaknya mau menikah. Perlu sekali calon pengantin melakukan tes narkotika sebagai bentuk pencengahan dini,” terangnya.

Diapun berharap Unimal dapat segera memiliki pusat rehabilitasi dengan menjalin kerjasama dengan pihak rumah sakit Arun.

“Kami sudah cek fasilitas di rumah sakit Arun, sangat cocok dijadikan tempat rehabilitasi untuk kawasan Lhokseumawe dan Aceh Utara,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Kasat Resnarkoba Polres Lhokseumawe AKP Wijaya Yudistira Putra, SH., MH yang diwakili Bripka Saidul Chudri, SH menjelaskan kasus-kasus narkotika yang telah ditangani.

“Jika ada informasi peredaran narkotika, kami tidak bisa langsung menangkap namun harus melakukan investigasi. Tim kami akan memantau dan melakukan cross check terlebih dulu,” ungkapnya.

Sementara itu ketua tim Satgas P4GN Unimal Mauludi, S.Sos MSP menyebutkan sudah menyusun agenda penting setelah kegiatan sosialisasi.

“Iya, dalam waktu dekat ini akan melakukan tes urin untuk seluruh ASN di kampus. Pada tahap pertama ini tes urin difokuskan untuk dosen dan tendik, sedangkan mahasiswa akan menyusul,” pungkasnya. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cegah Bahaya Narkoba, Unimal Sosialisasi Bahaya Napza di Lingkungan Kampus

Terkini

Topik Populer

Iklan