Iklan

terkini

Pendidikan Biologi Umuslim Sukses adakan Dua Pengabdian Masyarakat di Laut Kuala Raja, Bireuen

Redaksi
Minggu, September 15, 2024, 16:07 WIB Last Updated 2024-09-15T09:07:37Z
Dr. M. Danil, S.Pd., M.Pd sebagai Ketua Prodi Pendidikan Biologi sedang menyampaikan sambutan dalam pelaksanaan PKM di Pantai Kuala Raja, Bireuen. (Foto/Ist)

Bireuen - Dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan melaksanakan dua kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sekaligus di Laut Kuala Raja, Bireuen, pada Sabtu, (14/09/2024).

Dua kegiatan PKM tersebut dikemas dengan tema “Sosialisasi Peranan Ekologis Cemara Laut dalam Menjaga Ekosistem Pesisir di Pantai Kuala Raja” dan “Penguatan Wawasan Lingkungan pada Mahasiswa terkait Manfaat Ekologis Cemara Laut (Casuarina equisetifolia) bagi Ekosistem Pesisir Pantai Kuala Raja”.

Dr. M. Danil, S.Pd., M.Pd sebagai Ketua Prodi Pendidikan Biologi dalam kesempatan tersebut menyampaikan terkait visi dan misi prodi, penguatan mental bagi mahasiswa agar terus mengembangkan diri baik di bidang akademik maupun non akademik. 

"Penting sekali semangat belajar dan integritas dalam menempuh pendidikan di Program Studi Pendidikan Biologi," kata Dr. Danil di depan dosen dan mahasiswa yang sedang melaksanakan KKM tersebut.

Selanjutnya dosen Prodi Pendidikan Biologi juga ikut memberikan sosialisasi terkait peranan ekologis cemara laut dalam menjaga ekosistem pesisir di Pantai Kuala Raja, 

Selain itu, mahasiswa juga diberi penguatan wawasan lingkungan terkait manfaat ekologis cemara laut bagi ekosistem pesisir Pantai Kuala Raja. 

"Mahasiswa perlu memahami tentang bagaimana kita berdampak pada lingkungan sehingga tumbuh kesadaran untuk melindungi dan menjaga lingkungan," ujar Rahmawati, S.Si., M.Pd yang merupakan salah satu dosen Umuslim juga Ketua BPM Umuslim.

"Bersamaan dengan dimulainya Tahun Ajaran 2024/2025, PKM ini kita lakukan sekaligus untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru bahwa dunia perguruan tinggi tidak hanya semata dilakukan di kampus tetapi ada juga tugas kita sebagai agen perubahan di masyarakat yang diwujudkan dengan PKM ini," tambahnya.

Menurut Rahmawati, dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi, mahasiswa tidak hanya memperoleh ilmu dengan belajar dikelas saja, "tetapi ada penelitian dan PKM yang harus diikuti oleh mahasiswa agar pengetahuannya terasah,” tutup Rahmawati.

Kegiatan ini juga melibatkan Himpunan Mahasiswa (Himabio) Umuslim yang diketuai oleh Nabila Safira. Semua mahasiswa ikut proaktif dalam menjalankan kegiatan ini dengan sangat baik. 

"Kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pembelajaran tentang pentingnya menjaga lingkungan secara berkelanjutan," ungkap Nabila Safira.

Nabila Safira mengungkapkan bahwa mahasiswa juga mengadakan permainan seru (game), bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan juga mempererat tali kekerabatan antar mahasiswa.

"Harapan kami semoga dengan adanya acara pengabdian masyarakat ini memberikan manfaat dan nilai positif bagi kami masyarakat, dosen, dan mahasiswa," pungkasnya. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pendidikan Biologi Umuslim Sukses adakan Dua Pengabdian Masyarakat di Laut Kuala Raja, Bireuen

Terkini

Topik Populer

Iklan