Iklan

terkini

Tim Dosen FK-Unimal Lakukan PKM Pengendalian DM dan Komplikasinya serta Pencatatan Mandiri melalui Aplikasi Android pada Masyarakat

Redaksi
Minggu, Agustus 18, 2024, 11:43 WIB Last Updated 2024-08-18T05:06:51Z
Tim Dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (FK- Unimal) yang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Reuleut Barat, Aceh Utara. (Foto/Ist)

Aceh Utara - 
Tim Dosen dari  Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (FK- Unimal) lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui pendampingan pengendalian DM dan komplikasinya serta pencatatan mandiri melalui aplikasi berbasis android pada masyarakat Reulet Barat, Kabupaten Aceh Utara, pada Kamis, (15/08/2024).

Informasi tersebut disampaikan Ketua PKM dr. Khairunnisa, Z, M.Biomed didampingi dr. Rizka Sofia, MKT pada media ini Minggu, (18/08/2024).

"Kegiatan PKM yang kami lakukan kepada masyarakat Reulet Barat  tersebut, selain dosen juga melibatkan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh," kata Khairunnisa.

Tambahnya PKM tersebut merupakan suatu upaya pengendalian terhadap penyakit DM, sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi, "masyarakat diberikan edukasi tentang penyakit DM, diajarkan juga cara memeriksa kadar gula darah secara mendiri," terangnya.
"Pada kegiatan ini juga dilakukan penguatan kepada kader kesehatan desa. Para Kader dilatih untuk bisa memeriksa kadar gula darah, memeriksa kolesterol, asam urat dan juga memeriksa tekanan darah, dan untuk memantau kondisi kesehatannya," ungkapnya.

Menurut Khairunnisa, masyarakat juga diajarkan untuk mencatat setiap hasil pemeriksaan tersebut kedalam aplikasi berbasis android. 

"Pada akhir acara kami menyerahkan alat pemeriksaan mandiri kepada Kepala Desa Releut Barat, beliau sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena banyak masyarakat yang mengalami DM dan berharap kegiatan pengabdian dapat rutin dilakukan di desa mereka," pungkas Khairunnisa.  [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Dosen FK-Unimal Lakukan PKM Pengendalian DM dan Komplikasinya serta Pencatatan Mandiri melalui Aplikasi Android pada Masyarakat

Terkini

Topik Populer

Iklan