Iklan

terkini

Sembilan Mahasiswa Jepang tiba di Umuslim

Redaksi
Kamis, Agustus 22, 2024, 21:37 WIB Last Updated 2024-08-22T14:38:03Z

Mahasiswa dari NGU Jepang kembali tiba di kampus Umuslim.(Foto/Ist)

Peusangan-Sebanyak sembilan  mahasiswa dari Nagoya Gakuin Universirty (NGU) Jepang, kembali tiba  di Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

Ketibaan sembilan mahasiswa dari negeri matahari terbit itu disambut meriah dalam satu acara resmi di Aula Creatif Center Gedung MA Jangka umuslim Bireuen, Kamis, 22 Agustus 2024.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) umuslim, Shaumil Hadi,MA dalam laporannya menyampaikan,  sembilan mahasiswa NGU Jepang itu, telah tiba di Umuslim pada Rabu Malam (21/8/2024).

Menurut Shaumil Hadi dari sembian orang nantinya dua orang akan tinggal di Umuslim mengikuti perkuliahan bersama mahasiswa Umuslim selama satu semester (6 bulan).

Sedangkan tujuh orang lagi,  hanya
2 minggu (21 Agustus s/d 6 September) berada di Umuslim, karena mereka mengikuti  Summer course, semacam belajar terbatas.

Kemudian Rektor Universitas Almuslim Dr.Marwan, MPd pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa NGU Jepang, kami  menyambut baik kehadiran tamu dari Jepang.

"Kehadiran mahasiswa NGU Jepang dalam rangka summer course serta melanjutkan program student exchange," ujar Marwan.
Harapannya semoga silaturahim antara NGU dan Umuslim yang telah terjalin sejak 2016 terus berlanjut di masa akan datang.

Program pertukaran mahasiswa ini dalam rangka memperkuat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kerjasama luar negeri, yang dicanangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek Dikti (Kemendikbud Ristek Dikti).

Selain itu, kehadiran mahasiswa dari NGU Jepang ini memberi manfaat bagi Universitas Almuslim serta NGU Jepang.

Kerjasama ini juga sangat mendukung dalam menaikkan grade akreditasi di umuslim menjadi akreditasi unggul (A), karena kerjasama dengan Perguruan Tinggi luar negeri merupakan salah satu instrumen penilaian dari proses tersebut, ujar rektor umuslim.

Saya harapkan kantor Urusan Internasional (KUI) umuslim dapat lebih berperan lagi dalam merintis kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri, harap Dr.Marawn,MPd.

“Mahasiswa NGU nanti akan berkolaborasi dengan mahasiswa Umuslim untuk mempelajari berbagai hal termasuk bahasa dan kebudayaan Aceh dan Indonesia secara umum,” ujar Rektor Umuslim Marwan.

"Saat ini juga ada tiga mahasiswa Umuslim sudah dikirim dan sedang belajar di NGU Jepang selama satu tahun," ujar Marwan.

Jadikan pertukaran ini untuk memperkuat pertemanan, silaturahmi dan kolaborasi dalam meningkatkan semangat  saling berbagi ilmu pengetahuan antara umuslim dan NGU Jepang. 

Mahasiswa NGU Jepang yang datang ke Umuslim yaitu, Suzuki Eito, Hoshino Taiga,Sato Hiroya, Yamamoto Mizuki, Yasui Toshihiro, Yohito Kajihara, Kobayashi Momoka,  mereka belajar di Umuslim dua minggu.

Sedangakan yang  mengikuti program pertukaran mahasiswa yaitu Morishima Ai dan  Ito Natsuki, mereka akan tinggal dan kuliah di Umuslim selama satu semester (enam bulan).
Kedatangan mereka turut didampingi dosen pendamping Prof.Saeki Natsuko.

Saat penyambutan turut dihadiri wakil rektor, direktur, dekan, dosen  dan sejumlah guru dan beberapa kepala sekolah di kabupaten Bireuen.

Acara diakhiri pemakaian  baju almamater Universitas Almuslim  oleh rektor umuslim Dr.Marwan,MPd kepada dua mahasiswa NGU yang akan belajar selama satu semester di Umuslim.

Acara ditutup penampilan  sejumlah tarian tradisionil Aceh oleh sanggar Mirah Delima Umuslim pimpinan Ibu Irni Aryani, M.Ling. [Zulkifli].
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sembilan Mahasiswa Jepang tiba di Umuslim

Terkini

Topik Populer

Iklan