Iklan

terkini

Peserta KKM Uniki latih kaum ibu cara buat sabun cuci piring alami

Redaksi
Jumat, Agustus 02, 2024, 10:20 WIB Last Updated 2024-08-02T03:21:06Z
Mahasiswa KKM Uniki Bireuen di desa Lancok Samalanga foto bersama kaum ibu, usai belajar cara membuat sabun cuci piring alami.(Foto/Ist).

Samalanga-Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Islam Kebangsaan Indonnesia (Uniki)  Bireuen melakukan sosialisasi dan pelatihan pembuatan sabun cuci piring alami bagi  kaum ibu desa Lancok Kecamatan Samalnga.

 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKM Uniki Sri Yanna,. M. M, kepada media menyampaikan sosialisasi dan pelatihan  pembuatan sabun cuci piring dilaksanakan satu hari penuh, bertempat di meunasah desa Lancok Kecamatan Samalanga, (Kamis (1/8).

Pelatihan pembuatan sabun cuci piring alami bagi kaum ibu bertujuan untuk memberikan sedikit pengetahuan bagi ibu-ibu desa sebagai usaha rumah tangga, ujar Sri Yanna.

Sehingga nantinya bisa mereka praktek langsung dan bisa menjadi sebuah usaha rumah tangga, sehingga  bisa  meningkatkan ekonomi keluarga.

“Karena  pengolahannya sangat mudah, biaya murah dan tidak berbahaya, bisa dilakukan sendiri di rumah masing-masing”, papar Sri Yanna.

Niat mengadakan pelatihan ini, menurut Sri Yanna setelah mahasiswa KKM di desa Lancok melihat potensi masyarakat dan sumber bahan baku  yang memungkinkan untuk kami lakukan satu usaha yang nantinya bisa meningkatkan pengetahuan dan memberdayakan mereka.

Karena  rata-rata ibu-ibu di desa tersebut  bekerja setengah hari sebagai buruh tani di sawah, jadi kami coba memanfaatkan waktu senggang mereka mengajarkan.

Harapannya semoga apa yang diajarkan kepada ibu-ibu ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi satu usaha rumahan berkelanjutan, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dilingkungan sekitar ujar Sri Yanna.

Adapun kelompok mahasiswa Uniki yang KKM di desa Lancok Samalanga adalah T.Muhammad Ikram Alfasya, Rifki Ulya, Hafiz Multazam, Muhammad Dwi sultan, Akamarita,  Maqfirah Mailani, Siti Aminah, Sitti Umaira, Syifa Azzahra, Silviani.[Zulkifli].
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peserta KKM Uniki latih kaum ibu cara buat sabun cuci piring alami

Terkini

Topik Populer

Iklan