Iklan

terkini

Hormati budaya lokal Mahasiswa KKM Umuslim gelar Kuda Kepang

Redaksi
Selasa, Agustus 20, 2024, 15:55 WIB Last Updated 2024-08-20T08:55:51Z
Mahasiswa Umuslim bersama reje dan atribut permaianan kuda kepang dan  Reok Ponorogo.(Foto/Ist).

Bener Meriah - Dalam rangka menghormati budaya lokal kampung Suka Makmur Timur  Kecamatan Wih Pesam kabupaten Bener Meriah, mahasiswa KKM Umuslim bersama pemuda setempat  mengelar seni budaya  Kuda Kepang dan Reok Ponorogo, dilapangan kampung setempat, Selasa (20/8/2024 ). 

Kegiatan pagelaran kesenian tradisional Kuda Kepang dan Reok Ponorogo terlaksana berkat kerjasama  kelompok mahasiswa KKM Universitas Almuslim  dengan pemuda dan masyarakat  kampung Suka Makmur Timur kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah.

Menurut Reje Suka Makmur Timur, Agus Sujito pagelaran kesenian tradisionil ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-79, berkat kerjasama pemuda kampung dengan mahasiswa universitas almuslim Bireuen yang sedang melaksanakan KKM di kampung tersebut.

“ Alhmadulilah kegiatan mendapatkan sambutan hangat dari warga, kami  bersyukur atas inisiatif mahasiswa KKM universitas almuslim dan pemuda kampung dan acaranya berlangsung meriah dan sukses”,  ujar Agus  Sujito. 

Semoga kegiatan ini dapat melestarikan dan mempertahankan budaya tradisionil masing-masing daerah, sehingga bisa  memperkaya khasanah budaya nusantara serta juga dapat mempererat hubungan antara generasi muda dan masyarakat lokal,” harapnya.

Menurutnya kuda kepang salah satu kesenian tradisional dengan penarinya mengenakan kostum khas dan menggunakan kuda dari anyaman bambu saat ini sdah jarang ditampilkan, kalau daerah Bener Meriah hanya daerah-daerah tertentu saja yang ada.

Menurut Mahlil salah seorang mahasiswa universitas almuslim yang melaksanakan pengabdian Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM), pagelaran kesenian kuda kepang dan ponorogo yang dilaksanakan pemuda kampung berkolaborasi dengan aktivitas mahasiswa KKM sebagai penghormatan pihaknya untuk menghargai budaya lokal, karena mayoritas penduduk kampung Suka Makmur dan beberapa kampung sekitar mayoritas penduduknya adalah suku Jawa, ujar Mahlil.

Menurut Mahlil didampingi temanya Muhammmad Fazil dan Thaibatun Nufus, bahwa selain pangelaarn kesenian, juga dilaksanakan  bazar makanan khas lokal dan workshop seni untuk anak-anak. 

Alhamdulillah kami mahasiswa KKM dan pemuda kampung turut berpartisipasi dan bersinergi dalam setiap kegiatan memperingati hari kemerdekaan RI di lokasi KKM, ini sebagai komitmen kami mahasiswa untuk melestarikan dan mempromosikan budaya lokal, tambah  Tri Muliyana dan Muhammmad Fazil.

Harapan kami kegiatan ini kami terus bisa bersinergi dan menjalin silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat lokal untuk bisa melestarikan warisan budaya bangsa, ujar mereka.

Adapun mahasiswa universitas almuslim yang mwelaksanakan pengabdian Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM)  di kampung Suka Makmur Timur kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah, antara lain Mahlil, Muhammmad Fazil, Tri Muliyana dan Thaibatun Nufus dengan DPL Kojil Adanm, S.Pt.,MSi.[Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hormati budaya lokal Mahasiswa KKM Umuslim gelar Kuda Kepang

Terkini

Topik Populer

Iklan