Iklan

terkini

Dosen Poltekkes Kemenkes Aceh Prodi Kebidanan Aceh Utara Berikan Edukasi Kepatuhan Minum Tablet Tambah Darah pada Siswi SMP dan SMA di Kecamatan Syamtalira Bayu

Redaksi
Senin, Agustus 26, 2024, 07:34 WIB Last Updated 2024-08-26T00:35:08Z
Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh. (Foto/Ist)

Aceh Utara - Dosen Poltekkes Kemenkes Aceh Prodi Kebidanan Aceh Utara, laksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) berupa Edukasi Kepatuhan Minum Tablet Tambah Darah (Fe) Sebagai Upaya Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri SMP dan SMA di Kecamatan Syamtalira Bayu. 

Kegiatan ini merupakan Tridharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini diterima sangat baik oleh siswi remaja putri dan kepala sekolah SMA, SMP di Kecamatan Syamtalira Bayu.
Informasi ini disampaikan oleh Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Hafsah Us, SiT., M. Kes, yang didampingi anggota tim Aida Fitriani, S.ST., M.Keb, Fatiyani, S.Pd., M. Kes pada media ini Senin, (26/08/2024).

"Kegiatan PKM tersebut kami laksanakan selama tiga hari, yaitu 24-26 Juni- 2024, adalah dalam upaya meningkatkan pemahaman khususnya remaja putri mengenai kepatuhan minum Tablet Tambah Darah (Fe) dan pencegahan anemia," kata Hafsah.

Gbr. Kegiatan Tim Pengabmas Bersama Tenaga Puskesmas dan guru sekolah di Kecamatan Syamtalira Bayu kabupaten Aceh Utara. (Foto/Ist)

“Data Profil kesehatan Indonesia tahun 2019 menunjukkan Aceh nomor empat provinsi yang belum memenuhi target pemberian TTD sebesar 20,29 persen, sedangkan Indonesia secara nasional dengan target renstra 30 persen, tahun 2022 remaja putri kelompok umur 15-24 tahun mengidap anemia 32,0 persen," lanjut Hafsah 

Tambah Hafsah, hal-hal dapat ditimbulkan dari anemia pada remaja putri yaitu kesehatan reproduksi menurun, perkembangan motorik, mental dan prestasi belajar akan menurun, tingkat kebugaran menurun, kecerdasan juga terhambat serta tinggi badan yang tidak mencapai maksimal.

"Untuk itu saya dan Tim PKM Poltekkes Kemenkes Aceh melakukan kegiatan pengabdian di SMA dan SMP negeri di Kecamatan Syamtalira Bayu, dikarenakan hanya sebagian kecil saja siswi remaja putri mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (Fe)," ungkap Hafsah.

"Selain kurang memahami tentang kepatuhan minum TTD, sehingga sangat diperlukan kegiatan PKM mengenai edukasi kepatuhan minum TTD ( Fe)," tambahnya lagi.

Menurut Hafsah, kegiatan ini terlaksana dalam kurun waktu satu bulan dengan keterlibatan dosen Poltekkes Kemenkes Aceh Prodi Kebidanan Aceh Utara sebagai Tim PKM.

"Adapun siswi diikutkan sebagai responden adalah remaja putri siswi SMA dan SMP di Kecamatan Syamtalira Bayu sejumlah 269 orang, dengan kegiatannya edukasi kepatuhan minum tablet tambah darah (Fe) pada remaja putri, juga selain melakukan pre-test dan pos-test melalui kuesioner," terang Hafsah.

"Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi Tim PKM akan tetapi bermanfaat bagi remaja putri siswi SMA dan SMP untuk mencegah dirinya dari anemia," tutup Hafsah. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen Poltekkes Kemenkes Aceh Prodi Kebidanan Aceh Utara Berikan Edukasi Kepatuhan Minum Tablet Tambah Darah pada Siswi SMP dan SMA di Kecamatan Syamtalira Bayu

Terkini

Topik Populer

Iklan