Iklan

terkini

24 Kampung di kabupaten Bener Meriah Jadi lokasi KKM Umuslim Angkatan XXV

Redaksi
Selasa, Agustus 13, 2024, 10:11 WIB Last Updated 2024-08-13T03:11:38Z

Asisten 1 Pemkab Bener Meriah Khairmansyah,S.IP., MSc menyerahkan mahasiswa peserta KKM kepada Camat  di walayah Kabulaten Bener Meriah.(Foyo/Ist).

Bener Meriah- Sebanyak 24 kampung dalam wilayah kabupaten Bener Meriah menjadi lokasi Pelaksanaan Kuliah Kerja Mahasaiswa (KKM) Universitas Almuslim (Umuslim) angkatan XXV tahun akademik 2023/2024.

Penyerahan peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Almuslim  dilakukan dalam satu acara bertempat di lapangan belakang kantor Bupati Bener Meriah, Senin (12/8/2024). 

Prosesi penyerahan dilakukan  wakil rektor bidang akademik Umuslim Dr.Halus Satriawan,MSi dan diterima  Khairmansyah,S.IP., MSc selaku Asisten 1 Pemkab Bener Meriah.

Adapun jumlah  peserta KKM angkatan XXV yang diserahkan sebanyak  113 orang, terdiri 34 laki-laki dan 79 perempuan mereka berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 18 orang, Fakultas Teknik 10, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) 43, Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) 22, Fakultas Ekonomi 6, Fakultas Pertanian 14 orang.

Wakil rektor I Umuslim Dr.Halus Satriawan,MSi dalam sambutannya menyampaiakan bahwa Program pengabdian KKM di Bener Meriah mengambil tema “Membangun kesejahteraan masyarakat melalui optimaliassi pendidikan, kesehatan, teknologi informasi, ekonomi dan sosial. 

Menurutnya, KKM merupakan salah satu mata kuliah  mempunyai bobot 4 SKS, yang wajib  diikuti  mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.

Warek I Umuslim juga mengharapkan mahasiswa  dapat berpartisipasi aktif di lokasi KKM dengan membantu membangun sistem informasi desa dan program lainnya sehingga dapat membantu masyarakat, harap Halus Satriawan.

Pemerintah kabupaten Bener Meriah  diwakili Asisten 1 Pemkab Bener Meriah, Khairmansyah,S.IP., MSc pada kesempatan tersebut menyambut baik kehadiran mahasiswa Umuslim dan mengucapkan terimakasih karena telah memilih kabupaten tersebut sebagai lokaksi pelaksanaan  KKM di kabupaten yang dijuluki negeri di atas awan.

Dihadapan mahasiswa peserta KKM,  Khairmansyah,S.IP., MSc memaparkan sekilas kondisi dan keunggulan yang ada di kabupaten berhawa dingin tersebut.

Khairmansyah,S.IP., MSc juga dengan penuh keakraban berdialog dengan beberapa perwakilan mahasiswa,  tujuan dan harapan mahasiswa melaksanakan KKM di kabupaten Bener Meriah.

Ketua Badan Pelaksana (Bapel) KKM Umuslim Peusangan Bireuen, Syarkawi  mengatakan,   mahasiswa KKM ditempatkan di 24 kampung dalam dua kecamatan di Kabupaten Bener Meriah.

Adapun lokasi penempatan yaitu Kecamatan Bukit, terdiri dari kampung Bukit Bersatu, Blang Tampu, Kute Lintang, Panji Mulia 1, Panji Mulia 2, Reje Guru,Tingken Bersatu, Ujung Gele, Wak Pondok Sayur, Serule Kayu, Kute Kering dan Uning Bersar.

Kecamatan Wih Pesam, ditempatkan di kampung Bener Mulie, Suka Makmur Timur, Suka Ramai Atas, Wonosobo, Wih Pesam, Blang Kucak, Jamur Ujung, Burni Telong, Merie Satu, Simpang Balek, Pante Raya, Suka Makmur, rinci Syarkawi.

Setiap kampung ditempatkan 4 sampai 5 mahasiswa dari berbagai program studi, mereka dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) 6 orang, seorang DPL akan mensupervisi 4 kampung, jelasnya

Mahasiswa akan berada di lokasi KKM selama 30 hari, terhitung mulai tanggal 12 Agustus hingga 10 September 2024, peserta sebelum ditempatkan di lokasi pengabdian, telah mengikuti pembekalan selama tiga hari 31 Juli s.d 2 Agustus 2024, ulas Syarkawi.
 

Selain itu, menurut Syarkawi, diakhir pengabdian Bapel KKM juga menugaskan tim monitoring dan evaluasi terdiri unsur pimpinan dekanat melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan KKM di lapangan

Setelah prosesi  penyerahan di kantor bupati, dengan rangkaian pemasangan simbolis atribut kkm bagi DPL dan mahasiswa,  selanjutnya Asisten 1 Pemkab Bener Meriah mewakili Pemkab Bener Meriah menyerahkan peserta KKM kepada dua Camat wilayah lokasi KKM.

Setelah itu, peserta KKM diantar ke kantor camat masing-masing lokasi, yaitu Camat Bandar dan Camat Wih pesam, seterusnya peserta dijemput  masing-masing reje dan dibawa pulang ke kampung lokasi pelaksanaan KKM.(Zulkifli).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 24 Kampung di kabupaten Bener Meriah Jadi lokasi KKM Umuslim Angkatan XXV

Terkini

Topik Populer

Iklan