Iklan

terkini

Peserta KKM Umuslim Angkatan XXV ikuti Pembekalan

Redaksi
Rabu, Juli 31, 2024, 16:17 WIB Last Updated 2024-07-31T09:22:30Z
Ketua panitia  pembekalan KKM Umuslim Drs.Syarkawi,M.Ed saat sedang menyampaikan  laporan pelaksanaan dihadapan peserta, (Foto/Zul).

Matangglumpang Dua-Sebanyak 111  peserta program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM)  Universitas Almuslim Angkatan XXV Tahun Akademik 2024/2025, mengikuti pembekalan, berlangsung  di Ruang Kuliah Umum (RKU) 1 kampus timur Umuslim,.

Menurut   ketua panitia pelaksana KKM Universitas Almuslim Angkatan XXV Tahun Akademik 2024/2025, Drs Syarkawi, M.Ed, mahasiswa sebelum ditempatkan dilokasi pengabdian wajib mengikuti pembekalan selama 3 (tiga) hari ( 31 Juli s.d 02 Agustus 2024), bertempat di Ruang Kuliah Umum (RKU) 1 kampus timur Umuslim,  mereka akan menerima materi umum dan khusus dari para pakar.

Menurutnya peserta pembekalan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM)  Universitas Almuslim Angkatan XXV Tahun Akademik 2024/2025, sebanyak   111 orang (34 laki-laki dan 77 perempuan), mereka berasal dari  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 17 orang, Fakultas Teknik (10), Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) 43, Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) 22 orang, Fakultas Ekonomi 5 orang,  dan Fakultas Pertanian 14 orang,  rinci Syarkawi.

Mereka akan ditempatkan  pada 24 kampung di dua kecamatan  yaitu Kecamatan  Bukit dan Wih Pesam (masing-masing 12 Kampung), mereka bearda di lokasi  selama 30 hari, terhitung mulai tanggal  12 Agustus sd 10 September 2024, ujar Syarkawi.

Jelas Syarkawi lagi, setiap Kampung kita tempatkan antara 4-5 orang mahasiswa dari berbagai program studi, selama di lokasi mereka akan dibimbing oleh  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), jumlah DPL  seluruhnya 6 orang, seorang DPL akan mensupervisi 4 kampung.

Selain itu Bapel KKM juga akan menugaskan tim monitoring dan evaluasi terdiri dari unsur pimpinan dekanad akan melaksanakan monitoring dan evaluasi pada minggu terakhir dari kegiatan KKM ini di lapangan,"jelas Syarkawi.

Pembekalan dibuka rektor Umuslim Dr Marwan diwakili wakil rektor bidang akademik Dr.Halus Satriawan,MSi.

Dalam sambutannya  Dr.Halus Satriawan,MSi  menyampaiakan  bahwa program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan implementasi  Tri dharma Perguruan Tinggi.

Program pengabdian KKM di Bener Meriah mengambil tema “Membangun kesejahteraan masyarakat melalui optimaliassi pendidikan, kesehatan, teknologi informasi, ekonomi dan sosial”.

Nantinya mahasiswa diharapkan dapat berpartisipasi aktip di lokasi KKM  dengan membangun sistem informasi desa dan program lainnya,karena sesuai program di dinas Provinsi Aceh bagaimana desa itu memiliki sistem informasi pusat data.

Sehingga data yang ada di desa dapat menjadi database nasional, ini yang kita bantu dengan kegiatan KKM, untuk program membangun data desa sudah kita lakukan sejak tiga tahun terakhir yaitu di Pidie Jaya, Takengon, tahun ini di Bener Meriah,  jelas Halus Satriawan.

Maka untuk itu kami mengharapkan kepada adik-adik mahasiswa agar dapat mengikutinya dengan mempersiapkan diri agar bisa beradaptasi dengan lingkungan  lokasi penempatan sehingga dapat membantu masyarakat dalam memecahkan masalah di kampung (desa).

“Jaga diri dan hindari konflik dengan masyarakat, selama ini penempatan mahasiswa KKM Umuslim di tanah gayo tidak ada masalah apa-apa, ini berarti masyarakat menerima dengan baik kehadiran mahasiswa”, harap Halus Satriawan.

Bahkan mahasiswa saat KKM di tanah gayo, kalau sudah selesai KKM, waktu pulang kembali ke kampus mendapat berkah dengan sejumlah oleh-oleh pemberian masyarakat, ungkap Halus Satriawan.

“ Kami mengharapkan kepada peserta KKM agar dapat menjaga nama baik keluarga dan kampus, jalani setiap proses dengan baik, sehingga nantinya dapat melaksanakan program dan  dapat membantu masyarakat di Kecamatan Bukit dan Wih Pesam Bener Meriah, sehingga masyarakat senang dan bermanfaat atas kehadiran adik-adik”, harapnya.

Selain itu juga mengingatkan  bahwa  diakhir pengabdian mahasiswa diwajibkan  menyusun laporan, karena laporan selama melaksanakan KKM merupakan bagian dari pada penilaian oleh DPL dan Bapel KKM, ujar Halus Satriawan.[Zulkifli].
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peserta KKM Umuslim Angkatan XXV ikuti Pembekalan

Terkini

Topik Populer

Iklan