Iklan

terkini

Desa Bandar Bireuen Dan Desa Geulanggang Baro Juara 1 Lomba Cipta Menu B2SA Dan Serba Ikan

Redaksi
Sabtu, Juli 13, 2024, 17:32 WIB Last Updated 2024-07-13T10:32:45Z
Pj Bupati dan Ibu Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Turut Hadir Dalam Kegiatan Perlombaan (Foto/Muliyadi)

Bireuen - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Kota Juang di Kabupaten Bireuen menyelenggarakan lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan Menu Serba Ikan dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 tahun 2024, Jum'at (12/07/2024) kemarin bertempat di halaman pendopo Bupati Bireuen. 

Perlombaan tersebut berlangsung mulai pukul 14.30 Wib dan berakhir sampai pukul 17.00 wih yang diikuti oleh 11 gampong untuk kategori B2SA dan 12 gampong untuk kategori Menu Serba Ikan, dengan masing-masing gampong diwakili oleh dua orang peserta.  

Adapun keluar sebagai juara adalah katagori Iomba B2SA, Juara 1 diraih Gampong Bandar Bireuen, Juara 2 diraih Gampong Cot Jrat, dan Juara 3 diraih Gampong Bireuen Meunasah Tgk Digadong, untuk Juara Favorit katagori B2SA diraih Gampong Bireuen Meunasah Capa.

Selanjutnya untuk katagori Lomba Menu Serba Ikan, Juara 1 diraih Gampong Geulanggang Baro, Juara 2 diraih Gampong Bireuen Meunasah Reuleut dan Juara 3 diraih Gampong Cot Gapu.

Sebelumnya Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Bireuen, Dr. dr. Nova Dian Lestari, Sp.S(K) dalam sambutannya sekaligus membuka perlombaan, menyampaikan bahwa potensi perikanan dan pertanian Kabupaten Bireuen sangat beraneka ragam dan berlimpah dan menjadi komoditas andalan sekaligus menjadi alternatif pendapatan masyarakat yang juga mampu memenuhi kosumsi sehari-hari yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. 

"Potensi tersebut kadang kala masih kurang dimanfaatkan oleh karena itu yang menjadi tantangan kita adalah bagaimana melakukan diferensiasi makanan olahan yang berasal dari sumberdaya perikanan dan pertanian namun tetap mempertahankan nilai gizi yang berimbang". tutur Nova

Selanjutnya tujuan diadakan lomba ini adalah untuk meningkatkan kreasi dan inovasi ibu-ibu dalam menyediakan menu makanan sehat, aman, bergizi dan seimbang bagi keluarga, terutama untuk mencegah stunting pada anak, sebut Nova. 

Camat Kota Juang Musni Syahputra, SIP., M.EC.DEV, dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa TP-PKK Kecamatan Kota Juang sebelumnya telah meraih juara untuk tingkat Kabupaten Bireuen dalam lomba serupa. 

Selain dari lomba kegiatan ini dapat menjadi moment melatih kekompakan Tim TP-PKK Gampong sekaligus menjalin silaturrahmi, pinta Camat

"Harapan kami Menu B2SA ini nantinya dapat diimplementasikan di masing-masing Gampong dalam hal pemberian PMT yg nantinya dapat diberikan kepada penerima manfaat seperti: anak stunting, gizi buruk, gizi kurang, ibu hamil, ibu menyusui serta calon pengantin yg juga merupakan salah satu upaya penanganan stunting menuju generasi yg sehat, aktif dan produktif", Harap Camat

Jika perlu dimasing-masing Gampong ada rumah pangan yg disiapkan dan dikelola oleh kader PKK dan kegiatan ini bisa menggunakan dana ketahanan, pangan, sebut Camat. 

Lomba tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Ph.D, Pj, Camat Kota Juang, Ketua TP-PKK Kabupaten, Kapolsek, Danramil, Sekcam, Ketua PKK Kecamatan Beserta Pengurus dan Para Tamu Undangan Lainnya. [Muliyadi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Desa Bandar Bireuen Dan Desa Geulanggang Baro Juara 1 Lomba Cipta Menu B2SA Dan Serba Ikan

Terkini

Topik Populer

Iklan